Kamis, 28 Maret 2019

Minum teh hijau bisa membawa efek samping ini

Minum teh hijau bisa membawa efek samping ini,- Teh telah lama dikenal sebagai minuman sehat untuk tubuh. Di balik beragam jenis teh yang bermunculan, teh hijau adalah salah satu jenis teh yang memiliki banyak penggemar. Namun sayangnya, minum teh hijau ternyata bisa membawa beberapa efek samping untuk kesehatan tubuh.

Inilah efek samping dari minum teh hijau yang harus Anda ketahui.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat atau berada dalam pengawasan medis, hindari mengonsumsi teh hijau. Sebab teh hijau akan memiliki cara kerja yang berbeda pada tubuh jika Anda sedang mengonsumsi antibiotik atau obat penguat hormon. Akibatnya kesehatan ginjal Anda dapat terganggu.
Meskipun banyak mengandung zat antioksidan di dalamnya, namun mengonsumsi teh hijau secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan sekresi hormon oleh kelenjar dalam tubuh. Sebaiknya Anda minum teh hijau tidak lebih dari 2-3 cangkir dalam sehari.
Tingginya kandungan kafein di dalam teh hijau patut untuk Anda waspadai. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa mengganggu fungsi normal mental Anda yang mengarah pada kecemasan atau perubahan suasana hati yang tidak biasa.
Zat tanin yang ada di dalam teh hijau merangsang lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam. Walaupun efek ini tidak terlalu serius, namun minum teh hijau bisa berbahaya bagi mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung.
Selain itu, tanin juga terkadang mampu mempengaruhi kemampuan darah untuk menyerap nutrisi penting. Hal ini terutama terjadi pada penyerapan zat besi oleh darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau secara berlebihan, mengakibatkan penurunan penyerapan zat besi sebanyak 20%-25%.
Wanita hamil sebaiknya tidak mengonsumsi teh hijau. Sebab lagi-lagi, kandungan kafein yang tinggi di dalam teh hijau mampu merugikan kemampuan otak janin untuk berkembang.

Mengonsumsi segala sesuatu secara berlebihan memang tidak baik. Termasuk teh hijau yang berada dalam golongan makanan sehat. Sehingga sebaiknya Anda mengonsumsi teh hijau tidak lebih dari 2-3 cangkir dalam sehari.

Posted by : axtoop.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar